--> -->
Anda Terlalu Lama Berada di Halaman Ini..
Load more

Kamis, 01 September 2016

Orang yang terkaya dibidang Teknologi 2016



Orang Terkaya Dunia di Bidang Teknologi 2016

Pada tanggal 5 Agustus 2015, Forbes merilis 100 daftar orang terkaya dunia di bidang teknologi (The Richest People in Tech). Seperti tahun-tahun sebelumnya, dari daftar tersebut, yang paling banyak diberitakan adalah mereka yang menempati 10 besar. Siapa saja mereka?
Jika Anda belum tahu, jangan khawatir karena Anda datang ke tempat yang tepat. Berikut 10 orang terkaya dunia di bidang teknologi 2015 versi Forbes.
foto 10 orang terkaya dunia di bidang teknologi

1. Bill Gates

Peringkat pertama masih menjadi milik Bill Gates, pendiri Microsoft. Pria berkacamata berusia 51 tahun ini memiliki total kekayaan US$ 79,6 miliar (sekitar Rp 1.114 triliun jika dirupiahkan dengan kurs Rp 14.000 per dolar). Kekayaan yang bersumber dari penjualan sistem operasi Microsoft dan entitas investasi bernama Cascade Investment LLC ini separuh dari anggaran belanja pemerintahan Presiden Joko Widodo tahun 2015 yang sebesar Rp 1.981 triliun.
Selain menempati posisi pertama di daftar ini, Bill Gates juga menempati posisi pertama orang terkaya di dunia tahun 2015, mengalahkan saingan beratnya Carlos Slim Helu (konglomerat asal Meksiko). Ia menduduki peringkat tersebut sebanyak 16 kali dalam 21 tahun terakhir.
Di luar urusan peringkat kekayaan, Bill Gates dikenal sebagai orang dermawan. Bersama isterinya, ia mendirikan yayasan Bill & Melinda Gates untuk membantu pemberantasan penyakit di kawasan Asia dan Afrika. Terkait yayasan tersebut, pria yang drop out (DO) dari Universitas Harvard ini pernah ke Yogyakarta pada 5 April 2014 dalam rangka menyalurkan bantuan untuk proyek pembasmian demam berdarah di kota gudeg tersebut.
Yang mungkin Anda tidak ketahui, Bill Gates suka ngeblog di Gatesnotes.com. Di blog pribadinya tersebut, ayah tiga orang anak ini berbagi cerita tentang orang-orang yang ia temui, buku-buku yang ia baca, dan hal-hal yang ia pelajari.

2. Larry Ellison

Larry Ellison adalah pendiri Oracle, perusahaan yang bergerak di bidang sistem perangkat keras komputer, sistem manajemen database, dan aplikasi terintegrasi komputasi awan (cloud computing). Pria berusia 70 tahun ini memiliki kekayaan US$ 50 miliar.
Pada April 2009, Larry Ellison mengakusisi Sun Microsystem, perusahaan yang mengembangkan bahasa pemograman Java, seharga US$ 7,4 miliar. Tiga tahun kemudian, ia dan timnya di Oracale menuntut Google atas tuduhan menggunakan hak cipta dan paten dari Java pada Android. Di luar perseteruannya dengan Google, pria yang dua kali DO dari Universitas Chichago dan Universitas Illinois ini juga membuat berita heboh lainnya yaitu membeli maskapai penerbangan Island Air (maskapai yang melayani rute antarpulau di Hawaii).

3. Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah pendiri Amazon, toko online terbesar di dunia. Pria lulusan Universitas Princeton ini memiliki kekayaan US$ 47,8 miliar. Pada Awal Agustus 2013, ia membeli The Washington Post senilai US$ 250 juta (sekitar Rp 2,5 triliun untuk kurs dolar saat itu). Banyak orang khawatir Bezos akan menggunakan surat kabar legendaris tersebut untu tujuan politik, namun hal tersebut dibantah pria berusia 51 tahun ini.
Selain berbisnis toko online dan surat kabar, Jeff Bezos juga merambah bisnis ponsel pintar dengan membuat Fire Phone. Ponsel pintar yang membidik segmen pasar menengah ke atas ini bersaing dengan iPhone dan Samsung Galaxy.

4. Mark Zuckerberg

Jika Anda pengguna aktif Facebook, saya yakin Anda sudah tahu Mark Zuckerberg. Pendiri bersama dan sekaligus CEO Facebook ini merupakan orang termuda (berusia 31 tahun) dalam daftar orang terkaya di bidang teknologi ini. Pria yang suka mengenakan kaus abu-abu ini memiliki kekayaan US$41,2 miliar.
Dari sisi kuliah, Mark Zuckerberg tidak terbilang sukses karena DO dari Universitas Harvard. Meskipun demikian, naluri bisnisnya brilian. Setelah menjadikan Facebook sebagai media sosial terpopuler dengan 1,44 miliar pengguna di seluruh dunia , ia melebarkan bisnisnya dengan mengakuisisi Instagram pada awal April 2012 dengan harga US$ 1 milyar (sekitar 9,1 triliun) dan WhatsApp pada Februari 2014 dengan harga 19 miliar dollar AS (sekitar Rp 223 triliun). Tak heran, kekayaan dan ekspansi ini membawa Mark sebagai salah satu orang paling berpengaruh ke-22 di dunia pada 2014.
Mark pernah berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Oktober 2014. Salah satu agendanya adalah meluncurkan kampanye Internet.org dan berkunjung ke candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

5. Larry Page

Peringkat kelima diduduki Larry Page, salah satu pendiri Google. Pria yang pernah menempuh S2 di Universitas Standford ini memiliki kekayaan US$ 33,4 miliar.
Larry mulai menjabat sebagai CEO Google pada 4 April 2011, menggantikan Eric Schmidt yang merupakan mentor bagi dia dan Sergey Brin. Di bawah kepemimpinannya, Google semakin berkembang sehingga tak heran ia dinobatkan sebagai CEO terbaik 2015 oleh situs karier Glassdoor pada Juni Lalu.
Secara mengejutkan, pada 10 Agustus 2015, Larry Page menyerahkan jabatan CEO Google kepada Sundar Pichai (Kepala Divisi Chrome dan Android Google). Alasan penyerahan jabatan ini adalah karena pria berusia 42 tahun ini menjabat CEO Alphabet, perusahaan induk Google yang baru dibentuk.
Larry Page juga pernah masuk sebagai Orang Paling Berpengaruh ke-9 Dunia pada 2014. Ayah satu orang anak ini selalu memotivasi anak muda untuk sukses. Tidak lupa, ia pun sering memberi nasihat tips suksesnya dalam berbisnis. Contohnya, saat diwawancarai Wired.com, ia memberi tiga nasihat menarik: lakukan hal-hal yang “gila”, inovasi harus diikuti dengan komersialisasi, dan jangan fokus pada persaingan (lihat penjelasan lengkapnya di artikel Kompas.com).

6. Sergey Brin

Sergey Brin adalah rekan Larry Page dalam mendirikan Google. Ia bertemu dengan Larry saat kuliah S2 di Universitas Standford. Pria yang sekarang berusia 42 tahun ini memiliki kekayaan US$ 32,8 miliar.
Sergey Brin dan Larry Page tampaknya telah menjadi soulmate. Mereka berdua terus berinovasi sehingga menjadikan Google sebagai perusahaan raksasa sekarang ini. Namun, berbeda dengan Larry, kehidupan rumah tangga Sergey tidak harmonis. Pada akhir Juni 2015, ia bercerai dengan isterinya, Anne Wojcicki (adiknya Susan Wojcicki, Kepala Divisi YouTube Google), setelah menikah selama 8 tahun. Gosip yang beredar, mereka bercerai karena Sergey berselingkuh dengan karyawatinya.
Di luar kehidupan rumah tangganya, Sergey Brin sering membuat berita mengejutkan. Sebagai contoh, ia kepergok media saat menggunakan prototipe Google Glass dan menggunakan mobil Batman berwarna pink. Selain itu, ia juga pernah diberitakan menyumbang Rp 4,5 miliar ke Wikipedia pada November 2011.

7. Jack Ma

Orang terkaya ketujuh di bidang teknologi ditempati Jack Ma. Dari namanya, Anda mungkin sudah menduga dari mana orang tersebut berasal. Ya, Jack Ma adalah warga negara Tiongkok yang mendirikan Alibaba, situs business to business (B2B) terbesar yang menghubungkan produsen di Tiongkok dengan dunia. Pria berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan US $23,2 miliar dan menjadi satu-satunya orang Asia yang masuk dalam daftar bergengsi ini.
Jack Ma menyelesaikan S1-nya di sebuah institut keguruan Hangzhou dan kemudian menjadi guru bahasa Inggris. Ketertarikannya akan dunia internet mulai terjadi ketika ia diperlihatkan Yahoo oleh seorang temannya. Jack menggunakan mesin pencari tersebut untuk mencari kata beer.
Setelah itu, Jack Ma semakin tertarik pada dunia Internet dan komputer. Ia pun meminjam uang sebesar US$ 2.000 untuk mendirikan perusahaan komputer. Ia mengaku tidak mengerti tentang komputer dan surat elektronik (email) saat mendirikan perusahaan tersebut. Singkat cerita, perusahaan tersebut sukses dan diberi tambahan modal oleh sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di negeri Tirai Bambu tersebut.
Sayangnya, Jack Ma tidak merasa nyaman di perusahaan tersebut karena ide-ide bisnisnya selalu ditolak dewan direksi. Ia pun keluar dan mulai membangunAlibaba.com pada 4 April 1999. Banyak kendala dan tantangan yang menghadang Jack saat mengembangkan situs tersebut sampai sesukses sekarang ini.

8. Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft yang memiliki kekayaan US$ 22,7 miliar. Ia memimpin Microsoft dari Januari 2010 sampai Februari 2014. Meskipun ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Agustus 2013, namun Microsoft baru mendapatkan penggantinya pada Februari 2014, yaitu Satya Nadella.
Steve Balmer merupakan lulusan S1 dari Universitas Harvard. Ia menikah dan memiliki tiga orang anak. Setelah mundur sebagai CEO Microsoft, pria berusia 59 tahun ini kembali mundur dari Dewan Direksi Microsoft pada 19 Agustus 2014. Rumornya, pengunduran diri tersebut disebabkan kesibukan Steve sebagai pemilik LA Clippers. Steve membeli klub basket ini senilai Rp 23 triliun, rekor tertinggi dalam sejarah pembelian klub NBA.

9. Laurene Powell Jobs

Laurene Powell Jobs adalah isteri mendiang pendiri Apple, Steve Jobs. Wanita yang sekarang berusia 51 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 21,4 miliar. Kekayaan tersebut diperoleh dari warisan suaminya saat memimpin Apple dan saham Disney yang ia miliki sendiri.
Laurene Powell Jobs dikenal sebagai miliuner yang dermawan. Ibu tiga orang anak yang mendapatkan gelar S2-nya dari Standford Graduate School of Business ini memiliki organisasi nirlaba untuk membantu anak miskin tetap sekolah hingga ke perguruan tinggi. Selain itu, ia juga memiliki Yayasan Emerson Collective yang memberikan sumbangan sosial kepada pemimpin pendidikan dan wirausaha.

10. Michael Dell

Peringkat kesepuluh daftar orang terkaya di bidang teknologi ditempati Michael Dell, pendiri perusahaan komputer Dell yang memiliki kekayaan US$ 19,4 miliar. Ayah empat orang anak ini pernah DO dari Universitas Texas. Meskipun demikian, ia memiliki naluri bisnis yang kuat sehingga mampu menjadikan Dell sebagai salah satu perusahaan sukses di bidang pembuatan komputer.
Michael Dell juga dikenal sebagai seorang dermawan. Pria yang sekarang berusia 50 tahun ini memiliki yayasan amal untuk membantu anak-anak miskin di kotanya. Selain itu, yayasan ini juga pernah memberikan bantuan US$ 50 juta ke sekolah kedokteran baru di Universitas Texas. Di luar bisnis dan kegiatan amal, Dell juga pernah ikut bermain dalam film komedi Sno Cone Stand, Inc pada November 2008 lalu.
Mengetahui 10 orang terkaya dunia di bidang teknologi merupakan hal mengasyikkan karena Anda bisa tahu bagaimana kesuksesan mereka. Bisa jadi, Anda juga mendapat inspirasi dan motivasi sehingga lebih fokus dan ulet dalam ngeblog. Terlepas dari itu, siapa tokoh favorit Anda dalam daftar di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang Di Websiteaeria , kami sangat menghargai bagi yang mengunjungi Blog kami .

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER NOW !!!

Back to Top