--> -->
Anda Terlalu Lama Berada di Halaman Ini..
Load more

Rabu, 21 Desember 2016

Tips Memilih platform blog


Mengambil sebuah langkah untuk memulai sebuah blog tentu banyak pilihan yang tantangan Anda. Salah satunya pilihan dalam menggunakan paltform. Platform blog apa yang mesti saya gunakan?
Meskipun ada banyak platform untuk memulai sebuah blog, tapi kita akan bahas dua platform terbesar yang hingga saat ini mempunyai pengguna dan komunitas terbesar.

Memilih Platform Terbaik Untuk Blogging

Mari kita lihat uraian singkat dibawah, untuk platform yang tepat yang bisa Anda pertimbangkan dalam memulai sebuah blog.

#Blogger / Blogspot

Blogger logo
Nah blogger ini merupakan salah satu platform paling lama yang saat ini dikendalikan Google, sehingga cukup dengan akun Gmail Anda blogger bisa Anda buat. Platform satu ini cukup sederhana hanya segala sesuatunya sudah disiapkan blogger. Anda hanya perlu fokus untuk memaksimalkan konten blog Anda.
Kategori Layanan: Gratis
  • Hosting disiapkan oleh Blogger, Masalah biaya Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun
  • Domain Anda akan menjadi subdomain dari Blogger. Misalnya namaanda.blogspot.com. Tetapi Anda bisa memiliki domain sendiri tapi itu bisa Anda dapatkan secara terpisah dalam artian silahkan beli domain sendiri kemudian custom ke blogspot.
  • Pengunaan sangat sederhana. Tidak membutuhkan keahlian khusus siapapun bisa menggunakan. Walaupun memang agak terlihat usang tampilannya dibandingkan dengan WordPress.com
  • Interfacenya. Yang ada hanya tampilan editor layout yang standar ditambah side bar. Ya selain itu tidak banyak yang bisa Anda modifikasi , terbatas untuk disesuaikan atau di kustomisasi.
  • Dukungan Plugin. Jika Anda mencari dukungan plugin sama sekali tidak akan Anda temukan dalam platform blogger.

Segmentasi Penggunaan Blogger

  • Yang hobbi blog, atau untuk Blog Pribadi
Prediksi mungkin blogger sukses dimasa lalu tapi untuk jangka waktu 10-20 tahun, masa depan blogger tidak terlalu bagus. Jadi saran saya cukup gunakan untuk blog pribadi saja ya.

 #WordPress.org (self-host)

wordpress-org-logo
Blog yang menggunakan paltform wordpress.org, menggunakan server pihak ketiga dengan dukungan piranti lunak WordPress itu sendiri. Dukungan plugin sekitar 42.000 ribu plugin. Skala penggunaan wordpress.org digunakan sekitar lebih dari 25 persen dari total pengguna blog seluruh dunia. Dengan wordpress self-host memberikan Anda akses yang luas dalam memodifikasi blog Anda sendiri, sehingga tampil lebih profesional. Pengguna wordpress menyentuh banyak kalangan dari blog pribadi hingga perusahaan dan industri media.
Kategori layanan: gratis untuk piranti lunaknya
  • Untuk Hosting. Hosting tidak disiapkan Anda harus membeli web hosting dari pihak ketiga.Ada banyak penyedia hosting misalnya, niagahoster, dewaweb, webhostinger, untuk penyedia luar ada namecheap, hostgator, godaddy, dll.
  • Domainnya bagaimana?, Tidak disiapkan Anda harus membeli domain juga dipihak ketiga bisa satu paket ketika Anda membeli web hosting.
  • Butuh keterampilan khusus. Karena ada banya plugin dan tema yang bisa Anda pakai untuk berkreasi, butuh pengetahuan lebih untuk mendalami. Tapi saya kira tidak sulit yang penting Anda mau belajar.
  • Kustomisasi tersedia. Ada begitu banyak tawaran untuk melakukan kustomisasi baik tema yang bisa Anda pakai ada yang gratis ada juga yang berbayar tentu yang berbayar lebih luas kontrolnya dan tampilannya lebih profesional.
  • Dukungan Plugin: Ada banyak dukungan plugin ada sekitar 42.000 plugin yang bisa Anda gunakan untuk dipakai memodifikasi dan mempercantik tampilan blog Anda.

Segmentasi Penggunaan WordPress.org

  • Blog yang ditujukan untuk membangun jaringan bisnis.
  • Blog yang digunakan untuk berbisnis blog.
  • Blog kalangan profesional.
  • Blogger yang memang hobbi membangun blog dan juga bebas mengontrol blognya sendiri sesuai keinginannya.
Itulah kenapa penggunaan wordpress.org secara luas karena terlepas dari sifatnya open source sendiri, Anda bebas memodifikasi tampilan blog terlebih Anda bebas mengontrol blog Anda sendiri. Oehnya itu juga menyebabkan wordpress.org rawan terhadap ancaman peretasan dan pembobolan. Lagi-lagi pilihan ada Anda…

#Wordpress.com

logo wordpress.com
Ini adalah layanan platform blogging yang disiapkan wordpress tapi berbeda fitur. Bedanya karena ini versi host berarti Anda harus mendownload piranti lunak nya dan mengintal sendiri. Cukup dengan mendaftar Anda bisa menggunakan tapi perbedaan besarnya di domainnya. Domain Anda menjadi subdomain dari wordpress.com.
Sama halnya blogger/ blogspot Anda mudah menggunakan dari A-Z untuk memulai sebuah blog cukup dengan hitungan menit blog Anda telah siap.
Kategori Layanan: gratis baik domain dan host.
  • Untuk hosting: Telah disiapkan oleh wordpress sendiri tanpa ada pembayaran tambahan lagi.
  • Domain bisa untuk nama Anda sendiri. Namun kekurangannya menjadi sub domain dari wordpress misalnya namaanda.wordpress.com. Jika Anda ingin mengkostumisasi menghilangkan subdomainnya, Anda harus menyiapkan biaya sekitar $ 18 / tahun.
  • Tidak butuh keterampilan khusus. Hampir sama dengan punya google,  yakni blogspot Anda bisa kustomise tapi terbatas. Jika Anda ingin full kustomisasi silahkan membeli web hosting sendiri dan domain sendiri.
  • Kustomisasi Tema. Ada banyak tema yang bisa digunakan namun simpel dan sederhana. Anda tidak punya banyak pilihan untuk mengubah tema sesuai selera Anda.
  • Fitur plugin:  Fitur plugin yang tersedia hanya yang standar saja, misal statistik, populer post dan lain-lain.

Segmentasi Penggunaan WordPress.com

  • Hobi blog itu sendiri.
  • Blogger yang ingin menggunakan platform tanpa biaya sepeser pun.
  • Bisa untuk blogger yang profesional dengan biaya yang terbatas.
So sederhananya ini merupakan layanan gratis dari wordpress untuk Anda yang ingin memulai blog dengan fitur kustomisasi yang terbatas dan tampilan yang sederahana. Anda tidak mungkin menggunakan untuk bisnis Anda karena kontrol penuh ada dipihak wordpress.com sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang Di Websiteaeria , kami sangat menghargai bagi yang mengunjungi Blog kami .

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER NOW !!!

Back to Top